Disdik Dayah Banda Aceh Gandeng BKPRMI Banda Aceh Laksanakan Pelatihan Public Speaking Bagi Guru TPA

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Dayah Banda Aceh dalam menjalankan visi-misinya. Sebagaimana dipahami bahwa Visi Disdik Dayah Banda Aceh: “Terwujudnya Tata Kelola Dayah yang Profesional dan Mandiri. Langkah-langkah kemandirian Dayah terus dilakukan diataranya Fasilitasi berbagai Pelatihan ungkap Muhammad Syarif, SHI,M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh.

Sebagaimana dipahami bahwa Disdik Dayah Banda Aceh lahir sesuai Qanun Nomor 11 Tahun 2016 serta dijabarkan dalam Peraturan Walikota Nomor 61 Tahun 2016  tentang Susunan, Kedudukan, tugas, fungsi, Kewenangan dan Tata Kerja Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh, Pasal 7 menyebutkan tugas Dinas Pendidikan Dayah yaitu melaksanakan urusan pemerintahan dibidang Pembinaan Agama Islam yang menjadi Kewenangan Kota dan Tugas Pembantuan yang diberikan oleh Walikota Banda Aceh.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 7, Dinas Pendidikan Dayah mempunyai fungsi antara lain:

Perumusan kebijakan di bidang pembinaan pendidikan agama Islam;
b. Pelaksanaan kebijakan dibidang pembinaan pendidikan Agama Islam;
c. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pembinaan Agama Islam;
d. pelaksanaan administrasi Dinas Pendidikan Dayah sesuai dengan lingkup tugasnya;
e. pelaaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya

Dalam konteks pembinaan Balai Pengajian dan Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPA), Disdik Dayah Banda Aceh menggandeng DPD BKPRMI Kota Banda Aceh untuk melaksanakan berbagai program diantaranya Festival Ramadhan Ceria, Pembinan Guru TPA serta Pelatihan Publik Speaking bagi Guru TPA se Kecamatan Ulee Kareng dan Syiah Kuala. Kegiatan ini juga mendapat dukungan maksimal dari Bapak Isnaini Husda, SE Wakil Ketua DPRK Banda Aceh. Lebih lanjut Syarif mengatakan kegiatan ini disebut Program Aduhai for guru TPA. Insya Allah kegiatan ini berlangsung dua hari sejak 17 s/d 18 Nopember 2019 di Hotel Keumala Pango yang diikuti 80 orang guru TPA.

Sementara Bukhari Ketua DPD BKPRMI Kota Banda Aceh memberikan apresiasi yang dalam atas dukungan Disdik Dayah Banda Aceh dalam membangun kemitraan program bersama DPD BKPRMI dan kami siap mendukung program kerja Disdik Dayah Banda Aceh dalam upaya mendorong terwujudnya Banda Aceh gemilang dalam bingkai Syariah.