Disdik Dayah Banda Aceh Apresiasi Heartindo Atas Upaya Pemenuhan Hidup Bersih Dan Sehat Bagi Santri Dayah

Dalam rangka penerapan program Pesantren Sehat berkemajuan Siaga covid-19, Health Education Administration Research Technology (Heartindo) menyerahkan bantuan berupa sabun mandi, sikat gigi, hand sanitizer, pepsodent serta fasilitas kesehatan atawa kebutuhan kesehatan pada sejumlah dayah di Banda Aceh.

Pemberian bantuan tersebut untuk Dayah Terpadu Inshafuddin, Banda Aceh diterima langsung oleh Sayed Amrizal yang mewakili Pimpinan Dayah pada hari  jumat, 12 Nopember 2021. Seluruh fasilitas hidup bersih dan sehat langsung diserahkan kepada santri yang ada pada Dayah Terpadu Inshafuddin, ungkap Sayed Amrizal. Dimana sebelumnya Tim Hertindo telah melakukan verifikasi faktual atas jumlah santri yang menjadi dasar pemberian bantuan.

Sebagaimana dipahami sebelumnya Tim Hertindo melakukan audiensi dan sharing informasi dengan Pemerintah Kota Banda Aceh, terkait keinginan Hertindo memberikan penyuluhan kesehatan pada sejumlah dayah di Banda Aceh dengan kriteria utama santrinya berkisar 500-1000 orang. Dasar ini pula pada hari Jumat 27 Agustus 2021 di Ruang Media Center Gedung A Lt.1 Balaikota Banda Aceh, wakil Herartindo di Banda Aceh Dr. Safnal, MM diterima langsung Asisten III dan II, Bapak Drs. Tarmizi Yahya, MM dan Faisal,S.STP serta di temani Muhammad Syarif, SHI, M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh. Kegiatan ini diawali dengan seminar Vidcom pola hidup sehat bagi dayah dan sekolah, serta dilanjutkan dengan verifikasi faktual disejumlah dayah yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Program yang berlangsung pada sejumlah Dayah dan Sekolah di Banda Aceh ini, dirasakan sangat mamfaat, ungkap Alizar Usman, S.Ag M.Hum Kadisdik Dayah Banda Aceh. Lebih lanjut Abah Lam Ateuk sapaan pamiliar Kadisdik Dayah Banda Aceh memberikan apresiasi yang dalam atas pemberian bantuan ini, apalagi dimasa pandemi covid-19 bantuan semacam ini sangat dirasakan mamfaatnyata bagi santti dayah di Banda Aceh. pada prinsipnya pihak Disdik Dayah Banda Aceh mengusulkan sebanyak mungkin dayah mendapat bantuan dari Hertindo, akan tetapi keputusan akhir layak-tidaknya dayah mendapat bantuan tergantung pihak Hertindo, tentunya dengan prosedur dan mekanisme lembaga. Sekali lagi terimakasih yang tidak bertepi kami ucapkan kepada direktur Hertindo, ungkap Abah Lam Ateuk.