BMK Komit Bantu TPQ Se-Kota Banda Aceh

Banda Aceh-Baitul Mal Kota (BMK) Banda Aceh berkomitmen penuh dalam hal pengembangan dan pelaksanaan TPA/TPQ se-Banda Aceh selaku lembaga yang terus mencetak generasi Qurani di Kota Gemilang ini.

Hal ini disampaikan Anggota Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Surya Darma S.Pd.I saat menjadi pemateri dalam kegiatan Diskusi Kebijakan Pemerintah Terhadap Lembaga TPA Dalam Rangka Silaturahmi TPA/TPQ se- Banda Aceh yang digelar oleh LPPTKA- BKPRMI Kota Banda Aceh, di Aula Kantor Camat Ulee Kareng, Banda Aceh, Rabu (2/12/2020).

Kegiatan diskusi ini menghadirkan dua narasumber lainnya yaitu Muhammad Syarif, S.HI, M.H selaku Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh dan Mulizar, S.Pd, M.Pd, Kasi PD Pontren Kementerian Agama Kota Banda Aceh. Serta diikuti oleh 100 Guru/Dirut TPA-TPQ se Kota Banda Aceh.

Surya Darma mengatakan, setiap tahun itu BMK rutin menyalurkan zakat melalui senif Fii Sabilillah kepada tenaga pengajar lembaga TPA-TPQ di Kota Banda Aceh dengan besarannya Rp 2,5 juta setiap TPA/TPQnya.

Ditambahkan, dana yang disalurkan ini bentuknya sebagai insentif untuk tenaga pengajar di TPA/TPQ bukan untuk lembaganya.

“Untuk tahun ini, agak terlambat kita salurkan dikarenakan situasi covid. Nah ini berimbas pada pengumpulan zakat. Sementara sumber dana untuk senif Fii Sabilillah ini dari zakat,” paparnya.

“Jadi dana yang kita salurkan nanti, adalah uang yang terkumpul di tahun yang sama atau di tahun berjalan dan sampai saat ini belum disalurkan namun, Insya Allah akan segera kita salurkan setelah menunggu ketersediaan dana yang cukup,” terang Surya lagi.

Ia memastikan, sebelum tutup tahun 2020 ini penyaluran zakat ke TPA/TPQ di Banda Aceh akan tersalurkan. “Disdik Dayah Banda Aceh sudah kita surati untuk meminta data TPA/TPQ dan dari data itu nantinya akan Baitul Mal survei kelayakan, setelah itu baru dananya kita salurkan, Insya Allah dalam waktu dekat akan kita salurkan,” ungkap Surya.(SM)