Asa Aceh Jadi Tuan Rumah Ajang ‘Anak Dayah Se Nusantara’ Kandas

Setelah melewati sejumlah survei, kunjungan lapangan (visitasi), meeting, ekspos atau presentasi, akhirnya Kementerian Agama menetapkan Provinsi Jambi selaku tuan rumah even tiga tahunan, Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) V 2018.

Plt Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ditjen Pendis Dr H Imam Safei, saat Hardiknas, menjelaskan bahwa bakal lokasi ajang santri itu, akan dilangsungkan di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti Musa, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Jadi Bumi Perkemahan Seulawah Scout Camp, yang juga telah disurvei tim dan diekspos, belum terpilih kali ini untuk ajang ‘anak dayah’ se nusantara.

Diakui memang, sejumlah kelebihan dan nilai tambah ada pada lokasi, yang pada pada 29 November-6 Desember 2010, telah sukses dengan Perkemahan Wirakarya Nasional/PWN ke 7. Saat itu, Presiden SBY membuka perkemahan dan diitutup Wapres Boediono.

Sebelum visitasi ke Aceh dan Jambi, tim lokal dan nasional telah tahapi semua sesi pemilihan kandidat tuan rumah.

Sebelum itu, di ruang rapat Sekjen Kemenag RI, tim Aceh telas melakukan ekspos dan presentasi proposal.

Meski tidak menjadi tuan rumah PPSN tahun 2018, tahun ini Aceh akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar, yakni Pentas Pekan Kreativitas (Pentas) PAI se Indonesia, di Taman Sri Ratu Safiatuddin (arena PKA) Lampriet Banda Aceh, di Stadion Harapan Bangsa Lhong Banda Raya, juga akan berlangsung Pentas Nasional (Penas) Petani Nelayan ke 15 (6-11 Mei) ini.